Info

SMAN 1 SINGKEP PERINGATI HARI PENDIDIKAN NASIONAL 2024 DENGAN TEMA RAGAM BUDAYA

Hari Pendidikan Nasional memang pantas dilestarikan sebagai bentuk memperingati hari kelahiran Bapak Pendidikan Nasional kita, Ki Hajar Dewantara, dan memuliakan kepedulian kita terhadap pendidikan di Republik Indonesia.

Seperti yang dilakukan oleh sekolah SMAN 1 Singkep pada hari Kamis, tanggal 2 Mei 2024. Semua tenaga pendidik, kependidikan dan siswa-siswi melaksanakan upacara. Yang berbeda dari upacara biasanya, ialah seluruh warga sekolah diwajibkan untuk mengenakan baju adat dari berbagai macam daerah. Ada yang mengenakan baju kebaya, baju kurung Melayu, baju adat bali, dan masih banyak lagi.

Penggunaan baju adat adalah salah satu bentuk menghormati dan mengenang warisan budaya yang dimiliki oleh masyarakat kita. Baju adat menjadi simbol yang memampukan siswa untuk menghargai akar budaya, menjunjung tinggi nilai-nilai dan tradisi yang telah diturunkan dari generasi ke generasi.

Partisipasi ekskul Drumband dan Paskibra SMAN 1 Singkep menambah semarak suasana. Alunan musik yang menggema di sekitar sekolah menarik perhatian semua orang. Barisan dan alunan musik terdengar sangat indah. Upacara pagi ini menjadi terlihat sangat megah dan khidmat.

Amanat disampaikan oleh Ade Fitria S.Pd  yang mewakili bapak Kepala Sekolah mengenai pesan dari mentri pendidikan, yaitu Bapak Nadim Makarim, serta ditambah lagi dengan motivasi siswa untuk mengenali dan mengembangkan potensi diri mereka masing-masing, peduli betapa pentingnya pendidikan dalam membentuk masa depan bangsa.

"Tujuan hidup kalian tidak harus sama seperti orang lain, namun pastikan bahwa setiap langkah yang kalian ambil membawa kalian lebih dekat untuk menggapainya. Jadilah versi terbaik dari diri kalian sendiri," ungkap Ade Fitria dalam amanatnya.

Upacara Hari Pendidikan Nasional yang meriah dan bermakna seperti ini menciptakan kesan positif dan mengesankan bagi siswa, guru, dan masyarakat sekitar. Melalui upacara ini, siswa dan guru merasa terinspirasi dan mendapatkan pesan-pesan penting seperti pentingnya pendidikan, penghormatan terhadap pahlawan pendidikan, dan kebanggaan akan identitas budaya.

Penulis: Vanessa Adrina Sapira - XI IPS 3
" Welcome to www.smanegeri1singkep.sch.id "