Info

CERITA ANNISA PARLEMEN REMAJA DAPIL KEPULAUAN RIAU


Haloo teman-teman saya annisa annastia azzahra akan menceritakan pengalaman saya mengikuti kegiatan parlemen remaja 2023 Sebagai Dapil Kepulauan Riau.

Parlemen Remaja adalah kegiatan tahunan yang di adakan oleh sekretariat jesderal dan Badan keahlian DPR RI, melalui Biro Pemberitahuan Parlemen Remaja yang diadakan sejak tahun 2008 silam. Yang tahun ini diadakan pada tanggal 11-16 September 2023 di Bogor - Jakarta. 
Kegiatan apa aja sih yang saya lakukan ketika mengikuti parlemen remaja? Beberapa diantaranya malam pentas seni yang menunjukkan tarian² yang dibawakkan oleh seluruh teman² parlemen remaja se-Indonesia. Setelah itu melakukan seminar-seminar dengan para tokoh² inspiratif salah satunya adalah Pak Edward Omar Sharif Hiariej yaitu wakil menteri hukum dan hak asasi manusia Republik Indonesia. Dan kegiatan puncaknya yaitu Rapat Paripurna yang di adakan di Gedung DPR RI yang dilaksanakan kurang lebih 7 jam lamanya yang membahas mengenai RUU KUHP.

Ada beberapa syarat yang saya harus dilengkapi sebelum mengikuti kegiatan yaitu yang pertama membuat essay dengan tema "Remaja kenal hukum, taat aturan, masyarakat aman". Melengkapi CV prestasi, dan membuat video kampanye yang bertemakan "Jika saya menjadi seorang DPR". 
Dan alhamdulilah nya saat diakhir acara saya mendapat kan nominasi sebagai kostum terbaik dan peserta terfavorit.  Semoga dengan mengikuti kegiatan parlemen remaja 2023 dapat meningkatkan pemahaman saya tentang proses demokrasi di Indonesia melalui pelaksanaan simulasi Parlemen. Menjadikan saya remaja yang kritis dan mengetahui tentang proses politik di Indonesia sehingga akan memperkuat partisipasi publik dalam proses politik dan juga untuk meningkatkan kemampuan remaja dalam hal memahami tata cara berparlemen dan praktek debat politik di DPR-RI. Menyuarakan aspirasi kelompok remaja yang ada di Kepulauan Riau dengan memberikan kebebasan untuk mengemukakan pandangan dan pemikiran politis.

Penulis Annisa Anastasya 
" Welcome to www.smanegeri1singkep.sch.id "