Info

1 Muharam 1444 H SMA Negeri 1 Singkep Qotmil Qur'an

30/7/2022. 1 Muharram sebagai Tahun Baru Islam 2022 merupakan salah satu hari besar bagi umat Islam di seluruh dunia sekaligus menjadi momen penting dalam sejarah Islam. Hal itu karena Tahun Baru Islam atau Tahun Baru Hijriyah menandai peringatan peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari kota Makkah ke Madinah pada 622 Masehi, yang menjadi awal mula ditetapkannya 1 Muharram.

Adapun sejarah Tahun Baru Islam atau penetapan awal mula tanggal 1 Muharram sendiri tidak lepas dari peran Khalifah Umar bin Khattab. Sejarah penentuan awal Tahun Baru Islam itu diprakarsai oleh Khalifah Umar bin Khattab dengan persetujuan Usman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib.
Penggunaan penanggalan hijriyah sebagai momen awal kalender Islam itu dengan ditetapkannya tahun 622 Masehi (momen hijrahnya Nabi Muhammad SAW) sebagai tahun pertama kalender hijriyah yakni 1 Muharram. Saat itu adalah tahun ke-17 setelah peristiwa hijrah atau 3-4 tahun saat kepemimpinan Khalifah Umar bin Khattab.
Sampai saat ini, 1 Muharram diperingati sebagai Tahun Baru Islam atau Tahun Baru Hijriyah. Dan, untuk tahun ini 1 Muharram 1444 H jatuh pada tanggal 30 Juli 2022.

Momen Tahun baru di SMA Negeri 1 Singkep diisi dengan rangkaian ibadah yang diikuti seluruh keluarga besar sekolah yang dimulai dari malam Jumat di masjid Fastaqbiqul Khairat dengan ibadah sholat magrib berjamaah yang dilanjutkan pembacaan surat yasin dan doa tahlil. Setelah sholat Isyak dilanjutkan qotmil quran secara berjamaah bersama siswa siswi. 
Selanjutnya esok hari jumat dilakukan doa istighotsah dan sholawatan serta tausyiah oleh ustadz KH.M.Nizar, M.Ag.
Dalam sambutan nya kepala sekolah Ravion Hendri menyampaikan momen 1 Muharam merupakan momen yang baik untuk selalu menimbang amalan ditahun lalu serta mempersiapkan diri untuk masa yang akan datang dengan kebaikan kebaikan. 
Alhamdulillah kegiatan berjalan lancar dan khidmat dengan dukungan semua pihak dari guru sampai wali kelas yang membantu mengarahkan siswa-siswi untuk tertib mengikuti rangkaian kegiatan. 

Humas
Penulis Mariono, S.Pd.
" Welcome to www.smanegeri1singkep.sch.id "