Info

Siswa SMA N 1 Singkep Kunjungi Museum Timah Dabo Singkep



Senin,31/1/2022. Siswa siswi SMA Negeri 1 Singkep kungjungi  musium Timah yang ada di Dabo Singkep. Kunjungan ini dilakukan atas sosialisasi adanya Musium Timah melalui surat Plt.Dinas Kebudayaan Kabupaten Lingga nomor 430/BUD-SPCBP/020 yang ditandatangani Plt.Disbud Lingga Drs. Asmi. Surat yang ditujukan kepada Kepala Sekolah tingkat SD sd SMA di Wilayah Kabupaten Lingga ini mengajak siswa siswi untuk melakukan kunjungan ke musium agar mengenal sejarah lokal budaya dan koleksi benda-benda tinggalan bersejarah yang ada di Musium Timah Dabo Singkep.
Rombongan Siswa SMA Negeri 1 Singkep disambut ketua Musium encik Basri beserta staf di ruang rapat. Sebelum melihat benda-benda tinggalan sejarah pihak Musium memberikan informasi sejarah adanya pertambahan yang ada di Dabo Singkep yang dimulai sejak jaman kolonial Belanda dan berakhir ditutup tahun 1995. 
Kita tahu bahwa pulau Singkep merupakan pulau penghasil Timah terbesar di Indonesia dimana eksplorasi dilakukan sejak jaman kolonial Belanda sampai kesultanan Lingga. Dan saat ini masih meninggalkan jejak-jejak sejarah yaitu adanya kolong kolong yang di genangin air. Tentu ini akan menjadi persoalan baru saat ini yaitu masalah lingkungan. Lingkungan dalam hal ini yaitu berkurang nya wilayah daratan yang mungkin bisa ditanami tanaman produktif bagi masyarakat.
Upaya Kunjungan dilakukan oleh siswa-siswi SMA Negeri 1 Singkep agar siswa SMA Negeri 1 Singkep merasa memiliki sumber daya alam di wilayah Lingga sehingga mereka dapat melestarikan nya.
Penulis Mariono,S.Pd
" Welcome to www.smanegeri1singkep.sch.id "