Info

SMA Negeri 1 Singkep Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H

20/10/2021,Peduli dan Empati karakter hidup yang harus di miliki setiap insan manusia, dengan karakter ini kita dapat mensyukuri setiap perbedaan yang ada di alam semesta. Hal ini merupakan salah satu hal yang diajarkan Nabi Muhammad SAW.

Maulid Nabi Muhammad SAW ini sebagai bentuk upaya untuk mengenal keteladanan Nabi Muhammad SAW sebagai pembawa ajaran agama Islam. Allah SWT pernah berfirman perihal keutamaan memuliakan dan mencintai Nabi Muhammad SAW dalam surat Al A'raf ayat 157, Artinya: "(Yaitu) orang-orang yang mengikuti Rasul, Nabi yang ummi (tidak bisa baca tulis) yang (namanya) mereka dapati tertulis di dalam Taurat dan Injil yang ada pada mereka, yang menyuruh mereka berbuat yang makruf dan mencegah dari yang mungkar, dan yang menghalalkan segala yang baik bagi mereka dan mengharamkan segala yang buruk bagi mereka, dan membebaskan beban-beban dan belenggu-belenggu yang ada pada mereka. Adapun orang-orang yang beriman kepadanya, memuliakannya, menolongnya dan mengikuti cahaya yang terang yang diturunkan kepadanya (Al-Qur'an), mereka itulah orang-orang beruntung."



Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW juga dilaksanakan di SMA Negeri 1 Singkep, kegiatan yang dilaksanakan dari mulai tanggal 15 sd 19 Oktober 2021 dengan rangkaian kegiatan Khataman Alquran selama tiga hari yang diikuti oleh majelis Guru dan Siswa yang dilakukan secara terjadwal, Doa Dzikir bersama yang diikuti seluruh keluarga sekolah dilaksanakan di Masjid Fastabiqul Khairat, dan Tausyah Agama. Semua rangkaian kegiatan peringatan Mauid Nabi Muhammad SAW di koordinir oleh Guru bidang Studi Agama Islam karena program ini bagian dari Pembinaan Siswa untuk meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan kepada Allah SWT dan mencintai serta mengikuti keteladan Rasulullah SAW. Seperti yang disampaikan Nurhidayati,S.Pd.I salah satu Guru Agama Islam di sekolah “Kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H yang diawali dengan rangkaian Tadarus Al Qur'an 30 juz selama 3 hari dengan dua kali khatam Al Qur'an,  bertujuan tidak hanya menapak tilasi kehidupan Rasulullah namun juga untuk mengimplementasi risalah yang telah di ajarkan Rasulullah salah satunya senantiasa berinteraksi dengan Al-Qur'an, agar peserta didik senantiasa semakin dekat dengan Al Qur'an mempelajarinya, memahaminya, dan mengaplikasikan dalam kehidupannya dan ini merupakan bagian dari Qudwah Rasulullah yang harus diikuti sesuai dengan semangat Maulid Nabi Muhammad Saw yakni menjadikan Rasulullah sebagai Panutan dan Tauladan”.


Hazirun,S.Pd Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Singkep menyampaikan “semua aktifitas keagaman yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Singkep sebagai wujud implementasi Misi Sekolah yang pertama yaitu “Membangun lingkungan yang Religi sebagai dasar Pembentukan Karakter”. Beberapa implementasi ini kita tuangkan dalam giat keagaman diantaranya Pagi Mengaji dengan surat-surat Alquran yang kita pilih diantaranya Al-Mulk;Al-Wakiah;Ar-Rahman;Yasin;Al-Fath dan Juz 30 bagi siswa yang mempunyai kemampuan menghafal, selanjut ada Jumat Taklim,Sholat Dhuhur berjamaah,Komunitas literasi Alquran,Tahsin beserta hafalan, dan Yasinan malam jumat. Karena perkembangan siswa yang beragama islam hampir 99% diharapkan Tamatan dari SMA Negeri 1 Singkep bisa mengamalkan dalam hidup di Masyarakat. Di samping itu sekolah berupaya memberikan kontribusi Kepada Masyarakat  dengan adanya TPA untuk tingkat TK,SD,SMP yang dilakukan di masjid sekolah setiap sore hari. Untuk pembinaan siswa yang beragama non islam kita juga siapkan pembinaan keagaman dengan mendatangkan Guru agama. Alhamdulliah ini sudah kita laksanakan dari dulu baik yang beragama Budha,dan Kristen.

Di Tulis Mariono,S.Pd.

 

 

" Welcome to www.smanegeri1singkep.sch.id "