Info

Semarak Bulan Bahasa 2021 SMA Negeri 1 Singkep

 


30/10/2021,Bulan Oktober merupakan Bulan semangat Pemuda dalam menggerakkan Gelora jiwa muda dengan sebuah Sumpah Pemuda yang didalamnya ada pengakuan terhadap Bahasa sebagai Bahasa Persatuan  Bangsa Indonesia.

Dipilihnya bulan Oktober sebagai Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia bukan tanpa alasan. Pada Bulan Oktober terjadi sebuah peristiwa besar dalam sejarah bangsa Indonesia. Tepatnya pada tanggal 28 Oktober 1928, yaitu peristiwa Sumpah Pemuda.  Para pemuda yang pada saat itu berasal dari berbagai daerah, tentu sulit jika harus berkomunikasi dengan yang lain dengan keunikan bahasa daerah masing-masing. Oleh karena itu, mereka perlu satu bahasa yang dapat memperlancar komunikasi. Dalam Kongres Pemuda II, para pemuda dari berbagai daerah merumuskan kesepakatan yang dikenal sebagai Sumpah Pemuda.


Isi Sumpah Pemuda yakni: Pertama: Kami Putra dan Putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang Satu, Tanah Indonesia.  Kedua: Kami Putra dan Putri Indonesia mengaku berbangsa satu, Bangsa Indonesia.  Ketiga: Kami Putra dan Putri Indonesia menjunjung Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia.

Hal ini yang melandasi kegiatan memperingati semarak Bulan Bahasa sekaligus hari Sumpah Pemuda di SMA Negeri 1 Singkep. Kegiatan yang di mulai dari tanggal 25 sd 28 Oktober 2021 di isi dengan rangkaian kegiatan lomba-lomba kretifitas siswa berupa lomba berbalas Pantun Nasehat,Syair,Tari Kreasi,Puisi, yang diiukuti siswa mewakili kelas kelas masing-masing.


Ketua panitia Anuar Ahmad,S.Pd. menyampaikan “kegiatan semarak Bulan Bahasa memberikan wadah untuk menyalurkan bakat dan kretifitas siswa. Terutama Pantun, di jaman melinial ini pantun merupakan barang langkah dikalangan pemuda tapi Alhamdulillah siswa sangat antusias mengikuti lomba berbalas Pantun Nasehat dan sangat bagus-bagus tampilannya”. “Muda mudahan tahun depan kita bisa selenggarakan dengan mengundang sekolah tingkat SMA di Lingga” mengakhiri sambutannya.


Sementara kepala sekolah Hazirun,S.Pd memberikan apresiasi kepada Panitia yang sudah mempersiapkan kegiatan ini dengan baik. Dalam sambutannya Kepala Sekolah menyampaikan,“Pemuda harus belajar serta terus berkreasi mengisi kemerdekaan bangsa ini. Di bulan bahasa dan sumpah pemuda ini pemuda mempunyai peran penting dalam mengisi kemerdekaan,tentunya harus di siapkan diri mulai dari sekarang salah satu contohnya harus mencintai bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan Indonesia”.

Dapat kita perhatikan, salah satu isi dari Sumpah Pemuda ialah menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia. Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia secara rutin diselenggarakan pada bulan Oktober sekaligus peringatan hari Sumpah Pemuda. Kegiatan ini rutin dilakukan untuk melestarikan bahasa Indonesia yang telah disepakati oleh pendiri bangsa sebagai bahasa pemersatu. 

Ditulis Mariono,S.Pd

" Welcome to www.smanegeri1singkep.sch.id "