Info

SMA NEGERI 1 SINGKEP TERIMA TAMU AMBALAN

 


Sebanyak 216 siswa diterima sebagai tamu Ambalan di Pangkalan SMA Negeri 1 singkep. Kegiatan upacara berlangsung secara kidmat dan lancar dilaksanakan di gedung serbaguna yang di hadiri perwakilan siswa dari kelas X dengan jumlah 46 peserta dan undangan dari unsur Kwaran Singkep serta Pembina satuan Gugus depan Putra dan Putri.(17/9/2021)


Penerimaan tamu Ambalan Gerakan Pramuka Pangkalan di SMA Negeri 1 Singkep Gugus depan 01.035-01.36 Satuan Putra Ambalan Pangeran Diponegoro dan satuan Putri Ambalan R.A.Kartini di rencanakan berlangsung selama tiga hari yang dilaksanakan sore hari setelah jam Pelajaran dari tanggal 17-19 September 2021 dengan Tema            “Menumbuhkan rasa KIBAR ( Kreatif, Inovatif, Berbudi dan        Berkarakter  ) melalui Pramuka kepada generasi milenial” di buka langsung Kamabigus Kak Hazirun,S.Pd.

Dalam sambutannya Kamabigus Menyampaikan  “Gerakan Pramuka adalah gerakan pendidikan yang bertujuan untuk mendidik anak-anak dan pemuda Indonesia menjadi kader pembangunan di di masa depan dengan menggunakan prinsip dasar dan metode pendidikan kepramukaan. Kegiatan penerimaan tamu Ambalan dilaksanakan setiap tahun seperti tahun-tahun sebelumnya ,namun tahun ini agak terlambat karena adanya proses pembelajaran daring di awal masuk tahun ajaran baru.untuk saat ini kita tetap laksanakan namun dengan peserta terbatas mengingat kita masih dalam Pembelajaran tatap muka terbatas. Sekolah akan selalu mendukung setiap kegiatan Kepramukaan”.

Penerimaan tamu ambalan dilaksakan  sebagai realisasi program kerja Ambalan dan  syarat Pramuka penegak dalam kegiatan kepramukaan di pangkalan SMA Negeri 1 Singkep di samping itu sebagai bentuk dan upaya sekolah untuk membina karakter siswa melalui Gerakan Pramuka yang ada di SMA Negeri 1 Singkep. Pelaksanaan pendidikan bagi pramuka penegak lebih dititik beratkan kepada peningkatan keterampilan dan kepemimpinan. Oleh karena itu, pembinaan dan pengembangan pramuka penegak harus diarahkan pada kegiatan yang di kelola secara mandiri. Kegiatan-kegiatan yang bersumber dari pramuka,  oleh pramuka dan untuk Pramuka Penegak.

“Kegiatan-kegiatan pramuka penegak harus mengandung nilai-nilai edukatif, kreatif, rekreatif, serta menarik yang mengandung pembinaan dan pengembangaan generasi muda. Diharapkan di kemudian hari dapat lebih mampu untuk membina dan mengisi kemerdakaan bangsa. Kegiatan tersebut tentunya yang senatiasa disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik, perkembangan emosional, perkembangan sosial, perkembangan intelektual dan perkembangan spiritual.Pangkalan SMA Negeri 1 Singkep adalah salah suatu wadah kegiatan kepramukaan bagi Pramuka Penegak (usia 16-20 tahun) dan hal ini perlu ditindak lanjuti dengan senantiasa mengadakan kegiatan yang bersifat kreatif, edukatif dan menantang”.kata Kak Berry Citra,S.Pd. Selaku Pembina Satuan Putra Ambalan Pangeran Diponegoro.

Ditulis Mariono,S.Pd

 

 

 

" Welcome to www.smanegeri1singkep.sch.id "