Info

KOMUNITAS PENULIS MENDUKUNG GLS DI SMA NEGERI 1 SINGKEP


 

Senin,1/3/2021. Di ruang TIK SMA Negeri 1 Singkep Kepala Sekolah meresmikan terbentuknya Komunitas Penulis. Pembentukan Komunitas penulis sebagai wadah pengembangan program Gerakan Literasi disekolah agar siswa yang mempunyai bakat menulis dapat terwadahi dan terarah sehingga kedepan bisa menghasilkan sebuah karya buku.

Melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengembangkan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang sudah dicanangkan adanya GLS diharapkan Komunitas Penulis mampu mendukung adanya GLS di SMA Negeri 1 Singkep . Abad ke-21 ini, kemampuan literasi peserta didik berkaitan erat dengan tuntutan keterampilan membaca yang berujung pada kemampuan memahami informasi secara analitis, kritis, dan reflektif. Sehingga upaya ini menjadikan sekolah sebagai organisasi pembelajar yang warganya literat sepanjang hayat. Literasi lebih dari sekadar membaca dan menulis, namun mencakup keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, digital, dan auditori. 


 

Komunitas penulis diharapkan menumbuh kembangkan budi pekerti peserta didik melalui pembudayaan ekosistem literasi sekolah yang diwujudkan dalam gerakan literasi sekolah agar menjadi pembelajar sepanjang hayat.

Kepala Sekolah Hazirun,S.Pd menyampaikan siswa SMA Negeri 1 Singkep harus kreatif dalam menulis, bisa menuangkan ide pikiran kedalam sebuah karya baik dalam bentuk karya ilmiah yang wadahnya ada di KIR,menulis pantun,puisi,cerpen yang nanti bisa di tuangkan di komunitas teater sekolah ataupun bisa di publikasikan di media sekolah. Siswa harus mampu menghasilkan karya buku dan sekolah akan memberikan dukungan kepada siswa yang punya potensi dalam hal menulis.

Sementara itu Pembina Komunitas Penulis Anuar Ahmad,S.Pd memberikan motivasi bahwa komunitas ini bersifat global mencakup penulisan karya sastra, kita harus siap suatu saat ada lomba kita sudah siap. Kedepan kita ada jadwal pembimbingan kita akan cari narasumber untuk membinbing komunitas sehingga hasilnya benar-benar mempunyai ciri sastra yang baik. Di akhir motivasinya pembina menyampaikan “Menulislah kerena Menulis itu ciri Siswa yang Intelektual”.

 

Penulis : Mariono,S.Pd

 

 

" Welcome to www.smanegeri1singkep.sch.id "