Info

HASIL PENELITIHAN GURU SMA NEGERI 1 SINGKEP DI SEMINARKAN


17/2/2021, Guru SMA Negeri 1 Singkep melaksanakan seminar hasil pengembangan diri ( PKB ) berupa Penelitihan tindakan kelas ( PTK ), kegiatan seminar di laksanakan di ruang TIK sekolah. Pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) adalah pengembangan kompetensi yang dilakukan guru sesuai kebutuhan, bertahap, dan berkelanjutan sehingga dapat meningkatkan profesionalitasnya. PKB ini merupakan tuntutan Peraturan Menteri Negara Pendayaan aparatur negara dan reformasi birokrasi nomor 16 tahun 2009. Bentuk PKB meliputi unsur pengembangan diri, publikasi ilmiah, dan karya inovatif.Dengan PKB diharapkan akan terwujud guru yang profesional dan memiliki ilmu pengetahuan yang kuat dan memiliki kepribadian yang matang, kuat, dan seimbang. Tujuan umum PKB adalah meningkatkan kualitas layanan pendidikan di sekolah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Tujuan khususnya memfasilitasi guru untuk mencapai standar kompetensi yang telah ditetapkan, memfasiltasi guru untuk memutakhirkan kompetensi sehingga sesuai dengan tuntutan zaman, memotivasi guru untuk memiiliki komitmen dalam melaksanakan tugas pokok dn fungsinya secara profesional mengangkat citra, harkat dan martabat profesi guru.

Dalam kegiatan ini Kepala Sekolah Hazirun,S.Pd menyampaikan Ucapan terima kasih kepada Pengawas dan Pendamping yang sudah memberikan semangat kepada Guru guru untuk menyelesaikan PTK nya, Panitia yang sudah menyiapkan acara ini dengan baik, serta peserta seminar yang sudah menyempatkan waktunya untuk ikut kegiatan ini sebagai upaya pengembangan diri. kedepan guru agar selalu mengembangkan keprofesiannya agar bermanfaat didunia pendidikan.

Sementara penyaji dalam seminar adalah guru yang sudah melakukan penelitihan tindakan kelas diantaranya :

1.      Hj. Mazdawati,S.Pd.Kim

2.      Irda Putriasari,S.Pd

3.      Ade Fitria Wiwik Anggraini,SE

4.      Nurjanatin,S.Ag

5.      Dra.Sri Dayani

6.      Herlina,S.Ag

Kegiatan yang dibuka oleh Ketua Pengawas SMA/SMK Propinsi Kepulauan Riau Ajid Sajidullah, S.Pd  ini mengharapkan kegiatan ini sebagai motivasi kepada Guru dan dunia Pendidikan. Sebaiknya di awali dari tahap awal dengan workshop BIMTEK PTK sampai diadakan seminar. Dalam akriditasi sekolah kegiatan Penulisan Karya Tulis Ilmiah merupakan point yang besar karena meningkatkan potensi guru. Ke depan kegiatan ini tidak Semata sebagai pemenuhan angka kridit saja tapi bisa jadi referensi keilmuan yang hasil PTK nya jadi dokumen yang disimpan secara fisik di tempat khusus Perpustakaan sekolah.

Seminar yang di hadiri guru guru perwakilan sekolah SMA N 1 Singkep,SMA N 2 Singkep,SMK N Singkep,SMA N Singkep Pesisir dan Pengawas tingkat SMA/SMK Propinsi Kepulauan Riau.berlangsung lancar dan antusias peserta sangat bagus terlihat dari setiap penyaji mendapat pertanyaan dan masukan dari peserta sehingga menambah kesempurnaan PTK. Kegiatan sampai pukul 12.30 yang ditutup oleh Pengawas sekolah H. Satrio Putro,S.Pd.

 

Penulis Mariono,S.Pd

" Welcome to www.smanegeri1singkep.sch.id "