Info

SMA Negeri 1 Singkep Peringati HGN 2020 dengan Meriah

25/11/2020, Merupakan Tanggal yang bertepatan dengan Peringatan hari Guru Nasional yang ke- 75 di tahun 2020 ini. Tahun 2020 ini HGN mengambil tema "Bangkitkan semangat Wujudkan Semangat Belajar " . Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), mengeluarkan surat imbauan tentang Hari Guru Nasional 2020.

Dalam surat Kemendikbud nomor 115583/MPK.A/TU/2020 tersebut Menteri Pendidikan mengeluarkan aturan terkait pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Guru Nasional 2020.


Penetapan HGN sendiri berkaitan dengan riwayat berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Organisasi PGRI berawal dari Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) yang telah berdiri sejak 1912. Kemudian, pada 1932, PGHB berubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI). Saat zaman kependudukan Jepang, PGI dilarang melakukan berbagai aktivitas karena segala jenis organisasi dilarang di waktu itu. Setelah Indonesia merdeka pada 1945, Kongres Guru Indonesia pada 24-25 November 1945 di Surakarta.Dalam kongres tersebut, dibentuklah organisasi PGRI untuk mewadahi semua guru di Indonesia. Beberapa tahun kemudian, pemerintah RI pun menerbitkan Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994.Keppres tersebut menetapkan berdirinya PGRI sekaligus sebagai Hari Guru Nasional.


Sementara Rangkaian Memperingati HGN 2020 Keluarga besar SMA Negeri 1 Singkep dilaksanakan di ruang Laboratorium TIK yang diawali dengan persembahan sebuah lagu berjudul "Hemny Guru" ciptaan Sartono oleh siswa dan alumni yang dilakukan secara online dari rumah masing-masing.selanjutnya dilakukan potong Kue bersama dan ramah tamah.


Kegiatan yang dihadiri oleh seluruh Guru dan Tata Usaha SMA Negeri 1 Singkep ini berlangsung meria meskipun dilaksanakan dengan sederhana didalam ruangan. "Tahun ini berbeda dengan perayaan tahun kemarin karena kondisi Pandemi ini tidak ada perayaan yang melibatkan aktivitas anak-anak melalui lomba-lomba,tapi Alhamdulillah kita dapat kejutan dari alumni dan siswa yang tergabung dalam kelompok paduan suara sekolah yang membawakan lagu berjudul "Hemny Guru" yang dilakukan secara online dari rumah. Ini karena kita ikuti aturan protokol Covid-19" kata Haxirun,S.Pd Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Singkep.

Penulis Mariono


Selamat Hari Guru Nasional 2020
" Welcome to www.smanegeri1singkep.sch.id "